Ads Top

Niat untuk Belajar

:: perjalanan cinta اعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ


Wajib berniat waktu belajar. Sebab niat itu menjadi pokok dari segala hal, sebagaimana sabda Nabi saw : Sesungguhnya amal-amal perbuatan itu tergantung niatnya” Hadits shahih.

Di waktu belajar hendaklah berniat mencari Ridha Allah swt. Atau minimal diniatkan untuk memerangi kebodohan untuk diri sendiri.

Dengan belajar pula, hendaklah diniati untuk mensyukuri kenikmatan akal dan badan yang sehat. Belajar jangan diniatkan untuk mencari pengaruh, kenikmatan dunia ataupun kehormatan di depan sultan dan penguasa-penguasa lainnya.

Siapa saja telah merasakan kelezatan rasa ilmu dan amal, maka semakin kecillah kegemarannya akan harta benda dunia. Syaikhul Imamil Ajall Ustadz Qawamuddin Hammad bin Ibrahim bin ismail Ash-Shoffar Al-Anshoriy membacakan kami syair imla’ abu hanifah :
Siapa saja gerangan, menuntut ilmu untuk hari kemudian untuklah dapat keutamaan, anugrah Allah penunjuk jalan
Aduh, saja merugi, penuntut ilmu nan suci
Hanya buat sesuap nasi, dari hamba ilahi.

Tetapi jikalau dalam meraih keagungan itu demi amar ma’ruf nahi munkar, memperjuangkan kebenaran dan meluhurkan agama bukan untuk keperluan hawa nafsu sendiri maka diperbolehkan sejauh batas telah dapat menegakkan amar ma’ruf nahi munkar tersebut.

Penuntut ilmu hendaknya memperhatikan hal diatas. Karena dengan berilmu, seseorang telah mengatasi kesusahan yang cukup banyak, maka jangan sampai ilmu yang telah diperoleh itu digunakan untuk sarana bendahara duniawi yang hina, sedikit nilainya dan cepat atau lambat akan segera hancur.

Kepada sahanat-sahabatnya, Abu Hanifah berkata : ”besarkanlah putaran serban kalian, dan perlebarlah lobang lengan baju kalian”. ucapan ini dikemukakan agar supaya ilmu dan ahli ilmu tidak terpandang remeh.

Jadi, dalam mencari ilmu, belajarlah dengan sungguh-sungguh dan niatkan untuk mencari ridho Allah, bonusnya dapat meminimalisir kebodohan diri sendiri yang nantinya diterapkan di kehidupan sehari-hari.
Taddabur

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.