Ads Top

Mas Pendek

Rubrik Profil

Berbicara gending bodo maka tidak akan terlepas dari sosok mas Wahyu Aji yang sering kita panggil 'mas pendek'. Berperawakan menarik dengan kelebihan Alloh SWT yang memodali beliau badan yang cukup imut, lebih kecil dari yang lain dari ukuran tubuh personil lainnya, hal ini juga menjadi hal yang sangat iconic dan symbolic dalam Gending Bodo. Hampir setiap manggung diluar rutinan Likuran paseduluran, yang kadang di gedung-gedung pemerintahan ataupun ketika diundang untuk mengisi acara kondangan atau acara apapun, beliau selalu yang menjadi pusat perhatian.
Jika boleh dibandingkan dengan gamelan kiai kanjeng yang banyak kita ambil referensi dan aransemenya, jika kiai kanjeng punya pak nevi, di gending bodo ada mas pendek. Banyak dari aransemen gamelan di gending bodo disumbang oleh beliau, tidak dipungkiri memang beliau bisa dibilang maestro di bidang pergamelanan, hampir semua alat musik khas Jawa ini bisa beliau mainkan. Dari kendang, demung, saron, gender, kenong, bahkan nyinden pun jika beliau mau pasti bisa.
Adapun sekarang mas pendek keseharianya jualan angkringan di Karanganyar tepatnya 127 meter timur alun-alun Karanganyar. Seperti layaknya sedulur maiyah yang sudah meruang, ini dibuktikan dari pejabat kelas lokal sampai pemandu lagu, dari ustadz sampai preman kampung, dari pengedar pil koplo sampai dokter-dokter di seputaran Karanganyar, sudah menjadi langganan di angkringan yang diberi merk paten "angkringan mas pendek". Tak jarang pula orang-orang datang ke angkringan beliau hanya ingin menikmati banyolan dan alunan kentrung dari mas pendek, kalo kata orang baru lihat bentuknya mas pendek saja sudah kenyang.
Kembali ke peran beliau di Gending Bodo, beliau termasuk personel awal yang mengenalkan kami ke gamelan, ditambah banyak referensi yang kita gali dari Kiai Kanjeng, menjadikan kolaborasi yang apik antara music ethnic dan music modern, sepertinya ada kenyamanan dan keunikan tersendiri ketika mendengarkan beberapa aransemen dari gamelan Gending Bodo. Mungkin bisa kita sambung lain kali untuk lebih mengenal mas pendek secara keseluruhan, karena banyak sekali hal tentang beliau yang tidak sanggup dituliskan, dan alangkah lebih baiknya jika kapan waktu anda langsung saja bertemu dan bercengkrama dengan mas pendek secara langsung [ado]

No comments:

Powered by Blogger.