Ads Top

Apa Manfaat?

Rasanya sudah lama sekali jariku tak mengetik ungkapan yang biasa aku tumpahkan ke dalam tulisan. Padahal kalau dihitung hanya beberapa hari saja. Ya sekitar satu mingguan lah.

Apa boleh daya. Saya yang notabene seorang pekerja, pekerjaan setiap hari adalah aktifitas rutinitas dengan kegiatan yang sama dan honor sepantasnya. Makanya kalau soal urusan nulis agak sedikit terpinggirkan. Tapi tidak.berarti meminggirkan lho ya. Hanya perlu semacam ada yang lebih difokuskan dan di pause dulu.

Terlepas dari cerita kegiatan menulisku, banyak hal yang saya temukan di sekolah alam raya ini. Tidak ada batasannya. Berjalan menyusuri lorong gang bertemu dengan orang yang hobinya mancing dan ngobrol. Diam-diam di teras rumah sambil menikmati suasana, eh ada ayam lewat yang membuat banyak pertanyaan tentang kegunaan sayapnya. Ayam punya sayap, tapi kenapa ndak bisa terbang, dst.

Sedikit aneh sih, tapi begitulah perjalanan hidup. Beda dengan mbah-mbah kita dulu yang benar-benar masih mengandalkan fisiknya untuk berpetualang menjelajahi alam raya ini. Sementara orang sekarang lebih disibukkan dengan gadgetnya.

Saya mengambil banyak manfaat dari olah pikiran yang selama ini mengganjal. Yang tadinya pikirannya tidak terarah menjadi lebih tak terarah lagi. Dari tak terarah inilah yang pada akhirnya aku menemukan manfaat.

Ada manfaat dibalik peristiwa, ada hikmah setelah kejadian yang dapat diambil dari sisi mana saja. Tergantung dari kebiasaan pandangan orang melihat suatu peristiwa. Karena ada orang yang melihat sawah sebagai keindahan alam, ada juga yang berpikiran tentang kotornya, banyak kuman dan panasnya.

Pertanyaannya tinggal yang kita lakukan sekarang ini ada manfaatnya ndak?


Penulis: mubaedi

No comments:

Powered by Blogger.