Ads Top

Sejarah Likuran Paseduluran

Tepatnya pada Sabtu 21 Mei 2015, seperti biasa kami berkumpul menggerombol dalam ruangan sempit studio dengan 5 orang di dalamnya. Acara tersebut dimulai dengan sambat dari salah satu teman, dengan bebagai kegalauan yang membeludak yang Dakotan tidak ada lagi wadah untuk mencurahkannya. Salah satu teman mencoba memaparkan suatu penjelasan yang diharap mampu menjadi solusi, kemudian timbul permasalahan lain dan akhirnya terbentuklah diskusi kecil-kecilan.

***
Keadaan tersebut berkelanjutan pada pertemuan 1 Minggu berikutnya dengan ketambahan personel menjadi 7 orang dengan melakukan diskusi yang semakin asyik. Hingga tercetuskan untuk membuat acara rutinan, ethok-ethok sebagai wadah untuk menampung semua kegalauan itu. Tanpa pikir panjang lagi, terjadilah kesepakatan untuk membuat forum diskusi bernama “Likuran Malaikatan”. Nama Likuran diambil karena telah disepakati bahwa acara rutinan diadakan setiap malam minggu antara tanggal 21-29 setiap bulannya. Sedangkan Malaikatannya dengan maksud agar dihadiri oleh para malaikat. 

Dengan berjalannya forum, dirasa terlalu sangar jika kita menamai forum ini Likuran Malaikatan. Lagi-lagi kita merundingkan nama yang pas untuk mengimbangi kita yang hanya sekumpulan anak muda yang belum tahu apa-apa tentang dunia. Bahkan yang paling nyata adalah realita sebagian temen-temen yang mengaku kehilangan jati diri dan keseimbangan hidup yang selama ini dijalaninya. Padahal mungkin diri sendiripun belum sempat ditemukan. Jadi sangat jauh dari sifat-sifat kemalaikatan, dan mungkin masih dominan keiblisannya, hahahaaa.... Tapi alangkah tidak pantas juga kalo kita menamai diskusi ini dengan nama Likuran Belisan.

Akhirnya kami membuat kesepakatan untuk merubah nama forum ini dari Likuran Malaikatan menjadi Likuran Paseduluran. Hal tersebut terinspiasi dari riset singkat tapi serius berdasarkan seringnya masalah pribadi yang dikomunikasikan ketika berkumpul banyak terjawab. Secara emosional juga seolah ada suatu ruang untuk bercengkrama batin, dan kedekatan kita yang hampir tanpa jarak ini sudah tidak terelakan lagi bahwa kita sebetulnya sedulur satu sama lain. Jika sudah seduluran, apalagi yang dirikuhkan. Karena hampir semua pintu kita buka untuk input dari temen*ups…* dulur maksudnya.

Namun keadaan tersebut belum menjadi kesepakatan goal untuk membatasi kedekatan kita, bahkan kita pikir itupun sangat tidak penting. Perlu kita sadari bersama bahwa ada hal yang ditunggu-tunggu oleh sedulur-sedulur bahwa output dari rembugan ini adalah pada perubahan pola pikir yang murni kembali bukan sekadar meningkatkan totalitas martabat hidup dalam kondisi sosial masyarakat yang cenderung banyak dikejar kalangan masyarakat modern. Hal ini bukan berarti kami menutup diri dari sistem modernisasi, atau lebih pantasnya menjadi menungsa luwes atau bahasa ngetrendnya conditionally yang dengan mudah diterima masyarakat.

***
Bulan demi bulan kami selalu melakukan rutinitas kumpulan diskusi dengan berbagai tema yang menurut kami sangat relevan dengan kondisi sehari-hari. Kecenderungan oleh sedulur baru pada acara mingguan yang kami gencarkan pada Juni 2015 yang bertepatan dengan Bulan Ramadhan dengan pengangkatan tema yang berhubungan dengan agama menyebabkan Likuran Paseduluran lebih terkenal sebagai forum pengajian, padahal ya gak ngaji-ngaji banget. Namun hal tersebut sama sekali tidak menjadi masalah bagi kami, justru kami sangat bersyukur dengan bertambahnya dulur diantara kami.

Hingga kini, demi mengikuti perkembangan zaman, forum kumpulan Likuran Paseduluran memiliki beberapa akun sosmed seperti Facebook, Instragram, Twitter, dan website. Tapi jangan terlalu berharap lebih mendapatkan informasi apapun dari LP, karena the real of LP adalah saat kita semua berkumpul, ngobrol sinau bareng tanpa ada sekat jabatan atau golongan, dengan suguhan hiburan Gending Bodo di setiap bulannya.

Jadwal bulanan dapat diakses disini
                                                           


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

untuk info lebih lanjut dapat hubungi kami di Bit.ly/2Cy79zG

No comments:

Powered by Blogger.