Ads Top

Merumus Pendidikan

Sekolah adalah tempat untuk mencari ilmu. Mengupayakan hal yang belum diketahui menjadi mengerti. Belajar bersosial kepada sesama makhluknya Allah. Serta taman surga ilmu bagi para anak-anak yang membutuhkan, bukan dipaksakan.

Dengan sistem kontrak belajar yang tertata rapi. Sekolah bertujuan untuk mendidik supaya anak-anak menjadi lebih berakhlak baik. Terlebih sekarang ini yang sedang digencarkan pemerintah soal pendidikan karakter. Harapannya karakternya baik, karakter seorang anaka yang diidam-idamkan untuk persiapan generasi baru.

Kalau bukan anak-anak kita, siapa lagi yang bisa diharapkan untuk meneruskan perjuangan leluhur nenek moyang. Kalau tidak dimulai dari pendidikan jenjang dasar, mau dimulai kapan?

Pertanyaan sederhananya, sudah benarkah pendidikan yang dilakukan sekarang sesuai dengan cita-cita leluhur? Mbah ki Hajar Dewantara saja yang kita anggap sebagai bapak pendidikan merumuskan pendidikan model taman. Yang indah dan menyenangkan. Bukan pemaksaan doktrin-doktrin.

Jika demikian, saya ulangi lagi, sudah benarkah model pendidikan kita saat ini?

Mari, kita mulai merumuskan pendidikan untuk anak cucu kita kelak. Minimal dari keluarga, ajarkan agama sesuai keyakinan, kebaikan akhlak, sopan santun, serta berjiwa ksatria.



Penulis: Mubaedi

No comments:

Powered by Blogger.