Ads Top

Maulid Nabi Sebagai Refleksi Penguatan Sebab-Akibat Tingkah Laku Hari Ini

Dalam kalender hijriah, sekitar 14 abad lebih lalu telah lahir seorang anak yang tidak diketahui secara pasti apa nama yang diberikan oleh ibunya pada bayi itu. Bangsa Quraisy memberinya julukan 'al-amin' (yang terpercaya). Sebuah gelar yang cukup terhormat.

Beliau dikenal dengan Muhammad. Seorang nabi terakhir dalam sejarah peradaban agama Islam. Dan menjadi puncak dari segala ilmu pengetahuan kemampuan manusia dari berbagai dimensi.

Nabi Muhammad adalah seorang yang dilahirkan ke dunia untuk membawa pesan-pesan dari Tuhan melalui malaikat Jibril. Sebagai orang yang mengagungkan nama Tuhannya, pada awalnya nabi Muhammad hanya berhasil menarik beberapa orang untuk memeluk agama Islam. Yang hari ini kita kenal dengan istilah as-sabiqun al-awwalun.

Singkat cerita,perjuangan beliau mampu membawa peradaban manusia dari jahiliyah ke masa yang cerah. Cahaya yang ada dalam dirinya memancarkan sumber ilmu yang sangat luar biasa.

Tapi jangan dikira, semua itu dapat dicapai dengan mudah. Penderitaan & perjuangan yang sudah dilakukan seolah memang sengaja oleh Allah ditunjukan untuk pembelajaran bagi umat manusia.

Hingga hari ini, kita bisa merasakan kedamaian, keindahan, kesetaraan dalam Islam. Asal memenuhi administrasi aktivitas dalam Islam, Insyaallah janji-janji Tuhan akan ada balasannya suatu saat nanti.

Refleksi yang dapat kita lakukan sebagai seorang yang beragama Islam adalah minimal mengingat perjuangan beliau supaya lebih bisa lebih menghayati kegiatan ibadah. Marilah mulai menanam benih al-amin dalam diri kita agar dapat menjadi 'pribadi muhammad' dan bermanfaat bagi sekitarnya.

Maka, sebab atau apa yang dilakukan kita pada hari ini, akan menentukan akibat yang akan kita terima di kemudian hari.

Setidaknya dihari ini tanggal 1 Desember 2017 atau 12 Rabiul Awal 1439 H kita mengingat awal kelahiran Nabi Muhammad dengan mengucapkan sholawat & salam sebagai penghormatan atas apa yang sudah dilakukannya.



Penulis: Ichsan M





No comments:

Powered by Blogger.