Ads Top

Keutamaan Ilmu

Tidak seorang pun yang meragukan akan pentingnya ilmu pengetahuan. Dengan memiliki ilmu, seseorang mampu menguasai suatu hal. Sedang ilmu itu khusus dimiliki oleh manusia dan tidak dimiliki binatang. Karena yang dipunyai binatang hanyalah insting.

Belajar dari masa lalu, dengan ilmu pengetahuan, Allah Ta’ala mengangkat derajat Nabi Adam as diiatas para malaikat. Karena itu, malaikat di perintah oleh Allah agar sujud kepada Nabi Adam as.

Ilmu itu sangat penting karena itu sebagai perantara (sarana) untuk bertaqwa. Dengan taqwa inilah manusia menerima kedudukan terhormat disisi Allah, dan keuntungan yang abadi.

Sebagaimana dikatakan Muhammad bin Al-Hasan bin Abdullah dalam syairnya : “Belajarlah! Sebab ilmu adalah penghias bagi pemiliknya. dia perlebihan, dan pertanda segala pujian, Jadikan hari-harimu untuk menambah ilmu. Dan berenanglah di lautan ilmu yang berguna.”

Belajarlah ilmu agama, karena ia adalah ilmu yang paling unggul. Ilmu yang dapat membimbing menuju kebaikan dan taqwa, ilmu paling lurus untuk di pelajarai. Dialah ilmu yang menunjukkan kepada jalan yang lurus, yakni jalan petunjuk.

Ilmu adalah 'Tuhan' yang dapat menyelamatkan manusia dari segala keresahan. Oleh karena itu orang yang ahli ilmu agama dan bersifat wara’ lebih berat bagi setan daripada menggoda seribu ahli ibadah tapi bodoh.


No comments:

Powered by Blogger.