Ads Top

Globalisasi Jihad

Mati di jalan Allah adalah salah satu motivasi terbesar umat Islam di zaman Nabi Muhammad. Di kala itu, berperang adalah jalan yang dilakukan oleh Nabi beserta sahabat, dan umat Islam lainnya. Dan masih menjadi suatu pedoman bagi umat Islam hingga kini.

Pada abad ke dua puluh satu, sebagian besar pakar menduga serangan global akan terus bertambah. Sejak 1970-an hingga 1990—an, kelompok-kelompok ekstremis muslim lebih berfokus pada negaranya sendiri. Hingga beberapa tahun belakangan ini muncul kelompok yang menamainya sebagai ISIS. Inilah perubahan para jihadis-jihadis yang awalnya hanya bersifat lokal di negaranya sendiri, sekarang sudah bertransformasi menjadi jihad global. Bahkan mungkin akan berkembang terus menerus.
Jihad sendiri telah menjadi inspirasi penting bagi umat Islam selama berabad-abad lamanya. Meskipun demikian, sebagaimana telah kita lihat, paruh akhir abad kedua puluh menyaksikan pengglobalan jihad “baru” yang dieksploitasi secara internasional untuk dengan kuat memobilisasi perseorangan maupun gerakan politik dan sosial, arus utama dan ekstremis. Istilah ini penting dalam perlawanan dan perjuangan demi kebebasan dalam perang suci dan tak suci, dan tidak ada indikasi bahwa kekuatannya lama-lama akan menyusut. Pertanyaannya, apa yang melatarbelakangi jihad jihad global sekarang ini? Dan bagaimana konsep jihad baru ini?

No comments:

Powered by Blogger.